PENGIMBASAN BERBAGI PRAKTIK BAIK PEMBATIK LEVEL 4 : Pembelajaran Discovery Learning Menggunakan Sumber Ajar Pada Portal Rumah Belajar




Halo Sahabat Rumah Belajar Perkenalkan nama saya adalah Judeslianti Amran, S.Pd.I., Gr. Sahabat Rumah Belajar tahun 2022 dari provinsi Sulawesi Barat. Saat ini saya bertugas sebagai guru bahasa Inggrs di SMK Negeri Campalagian. Baiklah Kali ini saya akan berbagi inovasi pembelajara.n yang berpusat kepada peserta didik tentunya dengan menggunakan portal rumah belajar.

Pada pengimbasan kali ini saya akan memanfaatkan fitur sumber belajar pada proses pembelajaran di kelas. Fitur sumber belajar merupakan fitur yang menyajikan materi ajar bagi siswa dan guru berdasarkan kurikulum, materi ajar yang disajikan secara terstruktur sengan tampilan yang menarik dalam bentuk gambar, video, animasi, simulasi, evaluasi dan permainan.

Dalam berbagi praktik baik kali ini, saya akan memanfaatakan fitur sumber belajar dengan menggunakan metode discovery learning. Discovery learning adalah model pembelajaran yang mengarahkan peserta didik untuk menemukan sendiri pengetahuan yang ingin disampaikan dalam pembelajaran. Model pembelajaran discovery learning merupakan rangkaian kegiatan pembelajaran yang melibatkan secara maksimal seluruh kemampuan peserta didik untuk mencari dan menyelidiki secara sistematis, kritis, dan logis, sehingga mereka dapat menemukan sendiri pengetahuan sikap dan keterampilan sebagai wujud adanya perubahan perilaku.

Berikut adalah proses pembelajaran menggunakan metode discovery learning yang saya lakukan pada pembelajaran Bahasa inggris, di kelas X dengan materi Self Introduction

Langkah kerja (sintak) model Discovery Learning dalam pembelajaran.

Langkah kerja (sintak) model Discovery Learning dalam pembelajaran adalah sebagai berikut:

1) Pemberian rangsangan (stimulation);

Pada tahap ini saya memberikan stimulus berbentuk video pembelajaran kepada peserta didik untuk diamati

2) Pernyataan/Identifikasi masalah (problem statement);

Pada tahap ini saya meminta peserta didik untuk mengidentifikasi masalah pada video yang telah saya tampilkan sebelumnya.

4) Pengumpulan Data (Data Collection);

Pada tahap ini Saya meminta peserta didik untuk mencari informasi tentang masalah yang mereka temukan serta informasi tambahan terkait materi yang mereka pelajari. Pada proses pembelajaran ini saya mengintegrasikan portal rumah belajar dengan menggunakan aplikasi conten web media pembelajaran interaktif yang telah saya unggah di portal rumah belajar dimana materi MPI ini bersesuaian dengan LKPD dan materi yang sedang dipelajari oleh peserta didik saya.

4) Pengolahan data (data processing);

Pada tahap ini saya membagi peserta didik ke dalam beberapa kelompok untuk berdiskusi dengan saling bertukar informasi serta mengolah data atau informasi yang telah mereka dapatkan sebelumnya untuk dijadikan bahan presentasi.

5) Pembuktian (verification); dan

Pada tahap ini peserta didik melakukan presentasi tentang hasil diskusi mereka dan mendapat tanggapan dari peserta didik lainnya.

6) Menarik simpulan/generalisasi (generalization).

Ini adalah sintaks terakhir dari discovery learning yaitu generalization atau menaruk kesimpuulan. pada tahap ini saya meminta peserta didik untuk menarik kesimpulan tentang materi yang telah mereka pelajari serta melakukan refleksi. lalu saya memberi penguatan kepada peserta didik terkait materi yang saya ajarkan.




 

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "PENGIMBASAN BERBAGI PRAKTIK BAIK PEMBATIK LEVEL 4 : Pembelajaran Discovery Learning Menggunakan Sumber Ajar Pada Portal Rumah Belajar"

Posting Komentar