Perjalanan Menjadi SRB Sulawesi Barat 2022 (PembaTIK Level 4)


Tidak dapat dipungkiri perkembangan teknologi yang semakin hari semakin berkembang berperan penuh dalam kehidupan sehari-hari kita. Termasuk juga dalam dunia Pendidikan, teknologi juga sangat mempengaruhi dunia Pendidikan saat ini. Sebagai seorang guru, kita harus beradaptasi dengan situasi tersebut, terlebih lagi peserta didik kita terlahir sebagai generasi digital native. Berdasar dari situasi tersebut saya selalu melakukan pengembangan diri dengan mengikuti berbagai perkembangan teknologi dan salah satunya adalah dengan mengikuti pelatihan. Saya mencoba mendaftar pelatihan pembaTIK level 1, pada level tersebut saya belajar banyak tentang literasi TIK dan Alhamdulillah lulus ujian dan lanjut ke PembaTIK level 2. Pada level ini materi yang diberikan menekankan pada implementasi TIK dan tugas akhir pada level ini adalah pembuatan video best practice terkait pengimplementasian TIK dalam proses pembelajaran. Saya sangat senang karena saya dinyatakan lulus dan bisa lanjut ke level berikutnya yaitu pembaTIK Level 3. Pada level ini materi yang saya dapatkan tentang TIK sangat luarbiasa, pada level ini peserta diberikan tugas untuk berkreasi dan membuat media pembelajaran yang interaktif, saya sempat merasa tidak mampu melewati level tersebut dikarenakan banyaknya tugas serta kesibukan yang harus diselesaikan di sekolah. Terlebih lagi saya bukan guru TIK. Tetapi dengan tekad yang kuat demi memberikan yang terbaik untuk para siswa dan orang-orang disekitar saya, serta mengasah kemampuan saya dalam bidang TIK, saya berusaha semaksimal mungkin untuk bisa menyelesaikan tugas membuat media pembelajaran multimedia interaktif sebagai tugas akhir pembatik pada level 3 dan mengikuti ujian. Alhamdulillah saya sangat bersyukur karena diberi kesempatan untuk mendapatkan ilmu serta pengalaman lagi pada PembaTIk level 4. Pada level ini perasaan saya semakin berkecamuk antara bahagia dan sedih. Bahagia karena bisa mengikuti Program pembaTIK level 4 dan sedih karena ternyata banyak juga teman-teman seperjuangan di level 3 yang tidak bisa lanjut ke Level 4. Bisa berada diposisi saat ini adalah sebuah keberuntungan dan kesempatan yang sangat luarbiasa. In Sya Allah, saya bertekad untuk berusaha semaksimal mungkin dan memberikan yang terbaik dalam menyebarkan semangat berbagi, berkolaborasi, & bertransformasi menumbuhkan ekosistem digital menuju merdeka belajar pada tempat kelahiran saya Provinsi Sulawesi Barat yang saya cintai.

#PembaTIK #PembaTIK2022 #MerdekaBelajar #Pusdatinkemendikbudristek

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Perjalanan Menjadi SRB Sulawesi Barat 2022 (PembaTIK Level 4)"

Posting Komentar