Tugas Akhir VLOG Berbagi & Berkolaborasi PembaTIK Level 4 - Judeslianti Amran, S.Pd.I., Gr (SRB Sulawesi Barat 2022)


Halo Bapak dan Ibu Guru Hebat di Seluruh Nusantara, 

Assalamualaikum Bapak dan Ibu Guru Hebat, Perkenalkan Nama saya Judeslianti Amran, S.Pd.I., Gr. Saya adalah Sahabat Rumah Belajar Provinsi Sulawesi Barat tahun 2022. Saya adalah guru Bahasa Inggris di SMK Negeri Campalagian. Baiklah Bapak dan Ibu guru yang Hebat, Vlog ini dibuat dalam rangka pemenuhan Tugas Akhir Bimtek PembaTIK Level 4 tahun 2022. Vlog ini berisikan tentang ringkasan dari seluruh kegiatan berbagi dan berkolaborasi yang telah saya lakukuan di beberapa jenjang pendidikan. Selain itu saya juga melakukan kolaborasi dan berbagi bersama beberapa Sahabat Rumah Belajar dari berbagai Provinsi. dalam Vlog ini saya juga memasukkan tentang video praktik baik dan inovasi pembelajaran yang berpusat pada peserta didik dengan memanfaatkan fitur layanan dari Pusdatin dalam hal ini adalah Portal Rumah Belajar.

Pada Kegiatan awal saya menampilkan video berbagi praktik baik dan inovasi pembelajaran yang berpusat pada peserta didik dengan Judul "Pembelajaran Discovery Learning Menggunakan Sumber Ajar Pada Portal Rumah Belajar". Pada kegiatan tersebut saya memperkenalkan fitur-fitur yang ada pada portal rumah belajar, baik fitur utama maupun fitur pendukung. setelah itu dilanjutkan dengan sedikit penjelasan tentang metode Discovery Learning beserta sintaks-sintaks dari metode discovery learning. Setelah itu, saya menampilkan pengaplikasian fitur portal rumah belajar pada metode discovery learning. pada tahap ini, saya mengintegrasikan portal rumah belajar dengan aplikasi konten web media pembelajaran interaktif yang telah saya unggah pada portal rumah belajar, dimana materi MPI ini bersesuaian dengan LKPD dan materi yang sedang dipelajari oleh peserta didik saya.

Berikutnya saya membagikan cerita dan pengalaman selama melaksanakan kegiatan  berbagi dan berkolaborasi yang telah saya lakukan dengan para guru-guru hebat dari berbagai instansi dan provinsi.

Kegiatan pertama saya, Saya melakukan kolaborasi dan sosialisasi di SMP Negeri 2 Campalagian. Pada hari Rabu tanggal 19 Oktober 2022. saya melakukan sosialisasi tentang fitur-fitur rumah belajar dan berbagi pengalaman selama mengikuti PembaTIK kepada teman-teman dari tenaga pendidik dan kependidikan di SMP Negeri 2 Campalagian. Kegiatan ini berlangsung di laboraturium SMP Negeri 2 Campalagian dan dihadiri oleh 35 orang PTK. Adapun daftar hadir peserta kegiatan kolaborasi dan sosialisasi di SMP Negeri 2 CampalagianTerlampir 

Foto Bersama Peserta Sosialisasi di SMPN 2 Campalagian

Pada kegiatan Kolaborasi dan berbagi kali ini adalah kegiatan tatap maya yaitu melakukan kolaborasi "Bincang Santai" melalui live streaming pada aplikasi TikTok bersama rekan Sahabat Rumah Belajar tahun 2022. Judeslianti Amran, S.Pd.I., Gr Sahabat Rumah Belajar Provinsi Sulawesi Barat dengan akun Tiktok @jhudeez raghuveera dan Fuji Andayani, M.Pd Sahabat Rumah Belajar Kalimantan Barat dengan akun Tiktok @Fuji Andayani. kegiatan ini berlangsung pada hari Sabtu tanggal 22 Oktober 2022 pada pukul 19.00 - 20.30 WIB. dalam bincang santai tersebut, kami mengawali dengan perkenalan diri dan dilanjutkan dengan bincang santai yang membahas tentang pengaplikasian fitur - fitur rumah belajar dan platform merdeka belajar dalam proses pembelajaran. kegiatan ini berlangsung dengan sangat menarik, dimana masing - masing SRB bisa saling berbagi informasi, pengetahuan serta pengalaman di dalam dunia pendidikan. Adapun daftar hadir peserta kegiatan kolaborasi dan sosialisasi melalui streaming live TIKTOK. . Terlampir 

Foto Bersama di Kegiatan Bincang Santai Via TIKTOK

Kegiatan ketiga, Saya melakukan kolaborasi dan sosialisasi di SMA Negeri 2 Campalagian. Pada hari Senin tanggal 24 Oktober 2022. Saya melakukan sosialisasi tentang fitur-fitur rumah belajar dan pemanfaatannya dalam proses pembelajaran serta berbagi pengalaman selama mengikuti PembaTIK kepada teman-teman dari tenaga pendidik dan kependidikan di SMA Negeri 2 Campalagian. Dengan mengusung tema kearifan lokal yaitu SALILI MA' (Sahabat Literasi Teknologi Rumah Belajar), Arti dari SALILI MA' dalam bahasa Mandar adalah Rindukan saya atau rindulah kepada ku, Saya berharap dengan menggunakan tema tersebut setelah melakukan sosialisasi Portal Rumah Belajar akan selalu menjadi satu-satunya sumber belajar yang diingat, dirindukan serta digunakan oleh para tenaga pendidik dalam proses pembelajaran yang dilakukan. Kegiatan ini berlangsung di ruang guru SMA Negeri 2 Campalagian dan dihadiri oleh 32 orang PTK. Adapun daftar hadir peserta kegiatan kolaborasi dan sosialisasi di SMA Negeri 2 CampalagianTerlampir 

Foto Bersama Peserta Sosialisasi di SMAN 2 Campalagian

Kegiatan keempat, Saya melakukan kolaborasi dan sosialisasi di tempat saya bertugas yaitu SMK Negeri Campalagian. Pada hari Kamis tanggal 27 Oktober 2022. Seperti biasanya saya melakukan sosialisasi tentang fitur-fitur rumah belajar dan pemanfaatannya dalam proses pembelajaran serta berbagi praktik baik penggunaan metode discovery learning dengan menggunakan fitur sumber ajar pada portal rumah belajar kepada teman-teman dari tenaga pendidik dan kependidikan di SMK Negeri  Campalagian. Kegiatan ini berlangsung di ruang guru SMK Negeri Campalagian dan dihadiri oleh 58 orang PTK. Adapun daftar hadir peserta kegiatan kolaborasi dan sosialisasi di SMK Negeri CampalagianTerlampir 

Foto Bersama Peserta Sosialisasi di SMKN Campalagian

Kegiatan berikutnya adalah kegiatan tatap maya yaitu melakukan sosialisasi webinar dengan cara berkelompok Bersama rekan-rekan Sahabat Rumah Belajar tahun 2022 dari beberapa provinsi di daerah Sulawesi dan Kalimantan. Webinar dengan mengusung tema KOLABORASI SRB SULTAN (SULAWESI DAN KALIMANTAN) dalam Pemanfaatan Rumah Belajar & Platform Merdeka Mengajar oleh PARA Peserta PembaTIK Level 4 untuk Menumbuhkan Ekosistem Digital Menuju Merdeka Belajar. Bekerja sama dengan PGRI Pontianak Selatan Kalimantan Barat. Acara tersebut dibuka oleh Bapak Munawar, S.Pd selaku sekertaris PGRI Pontianak Selatan Kalimantan Barat. Dilanjutkan dengan bintang tamu Yunda Rismawati, S.Pd selaku Duta Rumah Belajar 2019 kalimantan barat. Webinar ini dilaksanakan pada hari Jumat tanggal 28 Oktober 2022. Pada webinar ini saya berkesempatan menjadi salah satu narasumber  dengan materi Pembelajaran Discovery Learning dengan menggunakan sumber ajar pada portal rumah belajar. Pada webinar kali ini ada 6 Sahabat Rumah Belajar yang menjadi Narasumber salah satunya adalah penulis sendiri. Berikut adalah profil para narasumber di webinar kali ini.

  • Judeslianti Amran, S.Pd.I., Gr (SRB Sulawesi Barat 2022) Pembelajaran Discovery Learning Menggunakan Sumber Ajar Pada Rumah Belajar.
  • Yuniventaria Hasugian, S.Pd (SRB Kalimantan Utara) :  Pemanfaatan Fitur Peta Budaya pada Portal Rumah Belajar.
  • Dian Nurdiana Candra, S.Pd :  (SRB Kalimantan Utara) Pemanfaatan Edu game
  • Elvira Dwi Satria M, S.Pd : (SRB Kalimantan Barat) Lab maya dan pemanfaatannya di kelas
  • Haris Taruna, S.Pd : (SRB Kalimantan Barat) Pembelajaran Model Pembelajaran Flipped Classroom dengan Memanfaatkan Sumber Belajar.
  • Nurul Muthmainnah Ibrahim, S.Pd., Gr : (SRB Sulawesi Tengah)Pembelajaran Berdiferensiasi BAVIKIR (BAhan ajar, Video pembelajaran, dan praKtIkum filtRrasi) Berbantuan Portal Rumah Belajar dan Platform Merdeka Mengajar

Pada Kegiatan webinar ini dihadiri oleh sekitar 25 org guru dari berbagai daerah di provinsi Sulawesi dan Kalimantan. Adapun daftar hadir peserta kegiatan kolaborasi Webinar SRB SULTAN (SULawesi dan kalimanTAN)Terlampir 

Foto Kegiatan Webinar SRB SULTAN (Sulawesi & Kalimantan)

Detail kegiatan dapat dilihat pada postingan dibawah ini !


Demikianlah ringkasan dari isi tugas Akhir atau Vlog PembaTIK Level 4 yang telah saya buat. Pada Vlog tugas akhir ini saya hanya menampilkan ringkasan dari poin-poin penting dari setiap kegiatan karena keterbatasan durasi, detail dari masing-masing kegiatan bisa diakses melalui link di bawah ini.



#PusdatinKemdikbudristek
#MerdekaBelajar
#Pembatik2022
#DutaTeknologiKemdikbudristek
#RumahBelajar2022
#PlatformMerdekaMengajar
#BerbagiTik

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Tugas Akhir VLOG Berbagi & Berkolaborasi PembaTIK Level 4 - Judeslianti Amran, S.Pd.I., Gr (SRB Sulawesi Barat 2022)"

Posting Komentar