Silabus SMK Kelas XI Semester Ganjil
SILABUS
Satuan Pendidikan :
SMK Negeri Campalagian
Mata Pelajaran :
Bahasa Inggris
Kelas /Semester :
XI/Ganjil
Tahun Pelajaran :
2022/2023
Kompetensi Inti:
Menghayati
dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong
royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan proaktif, sebagai
bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif
dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan
bangsa dalam pergaulan dunia
3.
Memahami,
menerapkan, menganalisis, dan mengevaluasi tentang pengetahuan faktual,
konseptual, prosedura dasar, dan metakognitif sesuai dengan bidang dan lingkup
kajian Bahasa Inggris pada tingkat teknis, spesifik, detil, dan kompleks,
berkenaan dengan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam
konteks pengembangan potensi diri sebagai bagian dari keluarga, sekolah, dunia
kerja, warga masyarakat nasional, regional, dan internasional.
4. Melaksanakan tugas
spesifik dengan menggunakan alat, informasi, dan prosedur kerja yang lazim
dilakukan serta memecahkan masalah sesuai dengan
bidang kajian Bahasa Inggris.
Menampilkan kinerja di bawah bimbingan dengan mutu da kuantitas
yang terukur sesuai dengan standar kompetensi kerja.
Menunjukkan keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji secara
efektif, kreatif, produktif, kritis,
mandiri, kolaboratif, komunikatif, dan
solutif dalam ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya
di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan
langsung.
Menunjukkan keterampilan mempersepsi, kesiapan, meniru,
membiasakan, gerak mahir, menjadikan gerak alami dalam ranah konkret terkait
dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu
melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.
Kompetensi Dasar |
Materi Pembelajaran |
Indicator Pencapaian |
Kegiatan Pelajaan |
Alokasi Waktu |
Sumber Belajar |
Penilaian |
3.13 Menganalisis fungsi sosial, struktur teks, dan unsur
kebahasaan teks interaksi transaksional lisan dan tulis yang melibatkan
tindakan memberi dan meminta informasi terkait saran dan tawaran, sesuai
dengan konteks penggunaannya. (Perhatikan
unsur kebahasaan should, can) 4.13 Menyusun teks interaksi transaksional, lisan dan tulis,
pendek dan sederhana, yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi
terkait saran dan tawaran, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks,
dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks |
Teks
interaksi transaksional terkait tawaran dan saran |
3.13.1
Mengidentifikasi
dan menjelaskan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan teks
interaksi transaksional terkait saran dan tawaran 3.13.2
Mengidentifikasi
apa yang ditawarkan 3.13.3
Mengidentifikasi
apa sarannya 3.13.4
Membedakan
antara tawaran dan saran 3.13.5
Menjelaskan
penggunaan penawaran 3.13.6
Menjelaskan
penggunaan saran 4.13.1
Membuat
teks interaksi transaksional, lisan dan tulis, pendek dan sederhana, yang
melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait saran dan tawaran 4.13.2
Mempresentasikan
teks interaksi transaksional, lisan dan tulis, pendek dan sederhana, yang
melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait saran dan tawaran |
Mengamati ·
Siswa menyimak/
mendengarkan ungkapan memberi
saran dan tawaran dan responnya dengan
(ucapan, tekanan kata, intonasi, ejaan) yang tepat, serta sikap santun dan peduli. ·
Siswa mencoba
menirukan pengucapannya dan menuliskan ungkapan yang digunakan. ·
Siswa belajar
mengambil giliran dalam melakukan tindak komunikasi Mempertanyakan (questioning) · Dengan pertanyaan pengarah dari guru, siswa mempertanyakan: - Fungsi sosial - Ungkapan yang digunakan untuk memberi saran dan
tawaran - Penggunaan unsur kebahasaan dari tindakan komunikatif
memberi saran dan tawaran dan
responnya. Mengeksplorasi · Siswa secara mandiri mencari pengetahuan tambahan
tentang tujuan, ungkapan, dan unsur kebahasaan yang digunakan dalam ungkapan
memberi dan dan tawaran dan
meresponnya · Siswa berlatih menggunakan ungkapan tersebut · Siswa berlatih mengambil giliran dan menggunakan
kesantunan
dalam berkomunikasi Mengasosiasi · Siswa menganalisis ungkapan untuk menyatakan, memberi, dan menerima saran dan tawaran dengan mengelompokannya berdasarkan penggunaan. · Dalam kerja kelompok terbimbing, siswa membandingkan
ungkapan memberi saran dan tawaran dan responnya yang lain dan mengaitkan
dengan berbagai ekspresi yang mungkin digunakan, sesuai konteks
penggunaannya. ·
Siswa memperoleh balikan (feedback) dari guru dan
teman tentang setiap yang dia sampaikan dalam kerja kelompok. ·
Siswa membandingkan
cara mengambil giliran dan merespon dengan yang diperoleh dari sumber lain Mengkomunikasikan ·
Siswa bermain peran
memberi saran dan tawaran serta responnya ·
Siswa menggunakan
ungkapan-ungkapan
memberi saran dan tawaran dalam konteks
komunikasi yang wajar di dalam dan di luar kelas,dalam bentuk
percakapan/simulasi dengan
memperhatikanfungsi sosial, ungkapan, dan unsur kebahasaan serta strategi
yang benar dan sesuai dengan konteks. ·
Siswa membuat ‘learning journal’ |
9
JPX 45 Menit |
· Buku Guru Mata
Pelajaran Bahasa Inggris SMK Kelas XI Kurikulum 2013 Jakarta: Kementerian Pendidikan dan
Kebudayaan. · Buku siswa Mata
Pelajaran Bahasa Inggris SMK Kelas XI Kurikulum 2013 Jakarta: Kementerian Pendidikan dan
Kebudayaan · Modul/bahan ajar, · internet, · Sumber lain yang
relevan |
· Lisan · Pilihan ganda · Tulisan · Uraian · Uji kinerja |
3.14 Menganalisis fungsi sosial, struktur teks, dan unsur
kebahasaan teks interaksi transaksional lisan dan tulis yang melibatkan
tindakan memberi dan meminta informasi terkait pendapat dan pikiran, sesuai
dengan konteks penggunaannya. (Perhatikan
unsur kebahasaan I think, I suppose, in my opinion) 4.14 Menyusun teks interaksi transaksional, lisan dan tulis,
pendek dan sederhana, yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi
terkait pendapat dan pikiran, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur
teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks |
Teks
interaksi transaksional terkait pendapan dan pikiran |
3.14.1
Mengidentifikasi
fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan teks interaksi
transaksional lisan dan tulis yang melibatkan tindakan memberi dan meminta
informasi terkait pendapat dan pikiran 3.14.2
Mengidentifikasi
terkait pendapat dan pikiran 3.14.3
Menjelaskan
fungsi pendapat dengan baik dan benar 4.14.1
Membuat
teks interaksi transaksional, lisan dan tulis, pendek dan sederhana, yang
melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait pendapat dan
pikiran |
Mengamati · Siswa mendengarkan/menonton interaksi menyatakan
pendapat dan pikiran serta responnya · Siswa mengikuti interaksi menyatakan pendapat dan pikiran · Siswa menirukan model interaksi menyatakan
pendapat dan pikiran · Dengan bimbingan dan arahan guru, siswa
mengidentifikasi ciri-ciri interaksi menyatakan pendapat dan pikiran (fungsi sosial, struktur teks, dan unsur
kebahasaan). Mempertanyakan
(questioning) · Dengan bimbingan dan arahan guru, siswa mempertanyakan
antara lain perbedaan berbagai ungkapan menyatakan pendapat dan pikiran dalam bahasa
Inggris, perbedaan ungkapan dengan yang ada dalam bahasa Indonesia,
kemungkinan menggunakan ungkapan lain, dsb. Mengeksplorasi Siswa menyatakan
pendapat dan pikiran dengan bahasa Inggris dalam konteks simulasi, role-play, dan kegiatan lain yang terstruktur. Mengasosiasi · Siswa membandingkan ungkapan menyatakan
pendapat dan pikiran yang telah dipelajari dengan
yang ada di berbagai sumber lain. ·
Siswa membandingkan
antara ungkapan dalam bahasa Inggris dan dalam bahasa siswa. Mengkomunikasikan · Siswa menyatakan pikiran dan pendapat dengan bahasa
Inggris, di dalam dan di luar kelas. · Siswa menuliskan permasalahan dalam menggunakan bahasa
Inggris untuk menyatakan pendapat dan pikiran dalam jurnal belajar (learning journal). |
9
JPX 45 Menit |
· Buku Guru Mata
Pelajaran Bahasa Inggris SMK Kelas XI Kurikulum 2013 Jakarta: Kementerian Pendidikan dan
Kebudayaan. · Buku siswa Mata
Pelajaran Bahasa Inggris SMK Kelas XI Kurikulum 2013 Jakarta: Kementerian Pendidikan dan
Kebudayaan · Modul/bahan ajar, · internet, · Sumber lain yang
relevan |
· Lisan · Pilihan ganda · Tulisan · Uraian · Uji kinerja |
3.15 Menerapkan fungsi social, struktur teks dan unsur
kebahasaan teks interaksi transaksional yang melibatkan tindakan memberi dan
meminta informasi terkait pesan sederhana lewat telephone (taking simple phone message) sesuai
dengan konteks penggunaannya di dunia kerja 4.15 Menuliskan kembali teks pesan sederhana lewat telephone
terkait tempat kerja dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks dan
unsur kebahasaan secara benar dan sesuai konteks dunia kerja |
Teks
interaksi transaksional terkait pesan sederhana lewat telpon (taking phone message) |
3.15.1
Menganalisis
fungsi sosial teks interaksi transaksional terkait pesan sederhana lewat
telepon (taking phone message) 3.15.2
Meganalisis
struktur teks interaksi transaksional terkait pesan sederhana lewat telepon
(taking phone message) 3.15.3
Mengidentifikasi
unsur kebahasaan teks interaksi transaksional terkait pesan sederhana lewat
telepon (taking phone message) 4.15.1
Menyusun
pesan sederhana lewat telephone terkait tempat kerja dengan memperhatikan
fungsi sosial, struktur teks dan unsur kebahasaan secara benar dan sesuai
konteks dunia kerja |
Mengamati · Siswa mendengarkan/mengamati teks interaksi transaksiaonal pesan sederhana lewat telepon · Siswa mengikuti interaksi menanyakan teks interaksi
transaksiaonal pesan · Dengan bimbingan dan arahan guru, siswa
mengidentifikasi ciri-ciri teks interaksi
transaksional terkait pesan sederhana lewat telepon (fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan). Mempertanyakan
(questioning) · Dengan bimbingan dan arahan guru, siswa mempertanyakan
antara lain terkait dengan tek interaksi transaksional terkait
pesan sederhana lewat telepon Mengeksplorasi Siswa menyatakan pendapat dan pikiran dengan bahasa Inggris dalam konteks simulasi, role-play, dan kegiatan lain yang terstruktur. Mengasosiasi · Siswa membandingkan ungkapan terkait teks interaksi transaksional terkait
pesan sederhana lewat telepon yang telah
dipelajari dengan yang ada di berbagai sumber lain. · Siswa membandingkan teks interaksi transaksional terkait
pesan sederhana lewat telepon dalam bahasa
Inggris dan dalam bahasa siswa. Mengkomunikasikan · Siswa menyatakan teks interaksi transaksional terkait
pesan sederhana lewat telepon dengan bahasa
Inggris, di dalam dan di luar kelas. · Siswa menuliskan permasalahan dalam menggunakan bahasa
Inggris untuk menyatakan teks interaksi transaksional terkait pesan sederhana
lewat telepon dalam jurnal belajar (learning journal). |
9
JPX 45 Menit |
· Buku Guru Mata
Pelajaran Bahasa Inggris SMK Kelas XI Kurikulum 2013 Jakarta: Kementerian Pendidikan dan
Kebudayaan. · Buku siswa Mata
Pelajaran Bahasa Inggris SMK Kelas XI Kurikulum 2013 Jakarta: Kementerian Pendidikan dan
Kebudayaan · Modul/bahan ajar, · internet, · Sumber lain yang
relevan |
· Lisan · Pilihan ganda · Tulisan · Uraian · Uji kinerja |
3.16
Menganalisis fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan beberapa teks
khusus dalam bentuk undangan resmi dengan memberi dan meminta informasi
terkait kegiatan sekolah/ tempat kerja sesuai dengan konteks penggunaannya 4.16 Menyusun teks khusus dalam
bentuk undangan resmi lisan dan tulis, terkait kegiatan sekolah/tempat kerja,
dengan memperhatikan fungsi unsure, struktur teks, dan unsur kebahasaan,
secara benar dan sesuai konteks |
Teks
khusus dalam bentuk undangan resmi |
3.16.1
Mengidentifikasi
fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan beberapa teks khusus dalam
bentuk undangan resmi. 3.16.2
Mengidentifikasi
karakteristik teks undangan resmi 3.16.3
Mengidentifikasi
struktur teks undangan resmi 3.16.4
Mengidentifikasi
penggunaan undangan resmi dengan benar 4.16.1
Membuat
teks khusus dalam bentuk undangan resmi lisan dan tulis, terkait kegiatan
sekolah/tempat kerja, dengan memperhatikan fungsi unsure, struktur teks, dan
unsur kebahasaan |
Mengamati · Siswa
mendengarkan berbagai ungkapan yang digunakan guru dalam mengundang secara
resmi dari berbagai sumber (a.l. media massa, internet). ·
Siswa berlatih
menentukan gagasan utama, dan informasi rinci · Siswa membacakan
contoh-contoh teks mengundang tersebut dengan ucapan, intonasi, tekanan kata,
dengan benar dan lancar. · Siswa menyalin
contoh-contoh teks undangan resmi sesuai dengan aslinya agar menangkap isi,
format dan tata letak penulisan. Mempertanyakan
(questioning) · Dengan
pertanyaan pengarah dari guru siswa terpancing untuk mempertanyakan tujuan;
struktur dan kebahasaan yang digunakan dalam mengundang secara resmi. · Siswa memperoleh
pengetahuan tambahan tentang tujuan, struktur teks, dan unsur kebahasaan
dalam mengundang secara resmi. Mengeksplorasi · Siswa secara
mandiri dan dalam kelompok mencari contoh undangan yang lain dari berbagai sumber · Siswa Mengasosiasi ·
Siswa menganalisis berbagai macam undangan terkait
dengan tujuan, struktur teks, dan unsur kebahasaan, dilihat dari segi
ketepatan, efisienci, efektivitasnya. ·
Secara berkelompok
siswa mendiskusikan ungkapan yang mereka temukan dari sumber lain. · Siswa menyunting
undang yang diambil dari berbagai sumber · Siswa memperoleh balikan (feedback) dari guru
dan teman tentang fungsi sosial dan unsur kebahasaan yang di sampaikan dalam kerja kelompok Mengkomunikasikan ·
Siswa melengkapi
teks undangan resmi dan menyampaikannya di depan guru dan teman untuk
mendapat feedback. · Siswa berkreasi dalam membuat kliping undangan resmi ·
Siswa menyunting undang yang diambil dari berbagai
sumber ·
Dengan menggunakan multimedia, siswa membuat kartu
undangan · Siswa memperoleh penguatan dari guru dan teman sejawat |
12
JPX 45 Menit |
· Buku Guru Mata
Pelajaran Bahasa Inggris SMK Kelas XI Kurikulum 2013 Jakarta: Kementerian Pendidikan dan
Kebudayaan. · Buku siswa Mata
Pelajaran Bahasa Inggris SMK Kelas XI Kurikulum 2013 Jakarta: Kementerian Pendidikan dan
Kebudayaan · Modul/bahan ajar, · internet, · Sumber lain yang
relevan |
· Lisan · Pilihan ganda · Tulisan · Uraian · Uji kinerja |
3.17
Membedakan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan beberapa teks
khusus dalam bentuk surat pribadi dengan memberi dan menerima informasi
terkait kegiatan diri sendiri dan orang sekitarnya, sesuai dengan konteks
penggunaannya 4.17 Menyusun teks khusus dalam
bentuk surat pribadi terkait kegiatan diri sendiri dan orang sekitarnya,
lisan dan tulis, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur
kebahasaan, secara benar dan sesuai konteks |
Teks
khusus dalam bentuk surat pribadi |
3.17.1
Menjelaskan
fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan beberapa teks khusus dalam
bentuk surat pribadi 3.17.2
Mengidentifikasi
karakterisktik teks khusus dalam bentu surat pribadi 3.17.3
Menjelaskan
kegunaan teks khusus dalam bentuk surat pribadi 4.17.1
Membuat
teks khusus dalam bentuk surat pribadi terkait kegiatan diri sendiri dan
orang sekitarnya, lisan dan tulis, dengan memperhatikan fungsi sosial,
struktur teks, dan unsur kebahasaan, secara benar dan sesuai konteks |
Mengamati ·
Siswa memperhatikan berbagai surat pribadi yang
digunakan guru dari berbagai sumber (a.l. media massa, internet). ·
Siswa membacakan contoh-contoh surat pribadi
tersebut dengan ucapan, intonasi, tekanan kata, dengan benar dan lancar. ·
Siswa menyalin contoh-contoh tersebut sesuai dengan aslinya
agar menangkap isi, format dan tata letak penulisan. ·
Siswa berlatih
menentukan gagasan utama, dan informasi rinci Mempertanyakan (questioning) · Dengan
pertanyaan pengarahan dari guru siswa terpancing untuk mempertanyakan -
Fungsi Sosial; -
Struktur -
Unsur kebahasaan yang digunakan dalam surat pribadi. ·
Siswa
mempertanyakan cara menetukan gagasan utama, dan informasi rinci dan
informasi tertentu Mengeksplorasi · Siswa secara
mandiri dan dalam kelompok mencari contoh surat pribadi yang lain
dari berbagai sumber · Siswa berdiskusi
menentukan gagasan utama, dan informasi rinci dan informasi
tertentu · Siswa menyusun
paragraph-paragraf pendek menjadi surat pribadi. Mengasosiasi · Siswa
menganalisis berbagai macam surat pribadi terkait dengan tujuan, struktur
teks, dan unsur kebahasaan, dilihat dari segi ketepatan, efisienci,
efektivitasnya. ·
Siswa memperoleh
balikan (feedback) dari guru dan teman tentang fungsi sosial dan unsur
kebahasaan yang sampaikan dalam surat pribadi Komunikasi · Siswa
melengkapi surat pribadi sederhana dan
menyampaikannya di depan guru dan teman untuk mendapat feedback. · Siswa berkreasi
dalam menuliskan surat pribadi kepada teman/ guru · Siswa memperoleh
penguatan dari guru |
12
JPX 45 Menit |
· Buku Guru Mata
Pelajaran Bahasa Inggris SMK Kelas XI Kurikulum 2013 Jakarta: Kementerian Pendidikan dan
Kebudayaan. · Buku siswa Mata
Pelajaran Bahasa Inggris SMK Kelas XI Kurikulum 2013 Jakarta: Kementerian Pendidikan dan
Kebudayaan · Modul/bahan ajar, · internet, · Sumber lain yang
relevan |
· Lisan · Pilihan ganda · Tulisan · Uraian · Uji kinerja |
0 Response to "Silabus SMK Kelas XI Semester Ganjil"
Posting Komentar